Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 23 Juli 2012

PEMBELAJARAN TEMATIK

      Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran bermakna bagi siswa. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu. Oleh karena itu, guru harus merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar siswa. Pengalaman belajar menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual yang menjadikan proses pembelajaran lebih efektif.
Kaitan konseptual antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema, sehingga siswa memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan, selain itu, dengan penerapan pembelajaran tematik disekolah dasar akan sangat membantu siswa, hal ini dilihat dari tahap perkembangan siswa yang, masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan. 
     Belajar adalah permainan terbesar dan terasyik dalam hidup. Semua anak terlahir dengan keyakinan semacam ini dan akan terus demikian hingga …Kita meyakinkan mereka bahwa belajar merupakan pekerjaan berat dan tak menyenangkan.
 
Belajar tidak sekadar  menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta, tetapi merupakan kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang lebih utuh, sehingga konsep yang dipelajari akan dipahami secara baik dan tidak mudah dilupakan. 
 
Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih banyak indera daripada hanya mendengarkan guru menjelaskan.
 
Apa itu pembelajaran tematik”?
Pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.
  1. 1.Berpusat pada siswa 
  2. 2.Memberikan pengalaman langsung
  3. 3.Pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas
  4. 4.Menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran
  5. 5.Bersifat fleksibel: guru dapat mengaitkan bahan ajar mata pelajaran satu dengan mata pelajaran lainnya
  6. 6.Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.
  7. 7.Menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan (joyful learning)
Berikut ini adalah contoh perangkat pembelajaran Tematik yang coba admin upload,,semoga bermanfaat...

Contoh Jaring Tema
Contoh Silabus Tematik
Contoh RPP Tematik
Contoh Materi Tematik
Contoh LKS Tematik
Contoh Evaluasi Tematik
Taksonomi Bloom


0 komentar:

Posting Komentar