Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran bermakna bagi siswa.
Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar
sambil melakukan sesuatu. Oleh karena itu, guru harus merancang
pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar siswa.
Pengalaman belajar menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual yang
menjadikan proses pembelajaran lebih efektif.
Kaitan konseptual
antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema, sehingga
siswa memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan, selain itu, dengan
penerapan pembelajaran tematik disekolah dasar akan sangat membantu
siswa, hal ini dilihat dari tahap perkembangan siswa yang, masih melihat
segala sesuatu sebagai satu keutuhan.
Belajar
adalah permainan terbesar dan terasyik dalam hidup. Semua anak terlahir
dengan keyakinan semacam ini dan akan terus demikian hingga …Kita
meyakinkan mereka bahwa belajar merupakan pekerjaan berat dan tak menyenangkan.
Belajar tidak sekadar menghafal
konsep-konsep atau fakta-fakta, tetapi merupakan kegiatan menghubungkan
konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang lebih utuh, sehingga
konsep yang dipelajari akan dipahami secara baik dan tidak mudah
dilupakan.
Belajar akan lebih bermakna jika anak
mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih
banyak indera daripada hanya mendengarkan guru menjelaskan.
Apa itu pembelajaran tematik”?
Pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.
- 1.Berpusat pada siswa
- 2.Memberikan pengalaman langsung
- 3.Pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas
- 4.Menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran
- 5.Bersifat fleksibel: guru dapat mengaitkan bahan ajar mata pelajaran satu dengan mata pelajaran lainnya
- 6.Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.
- 7.Menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan (joyful learning)
Contoh Jaring Tema
Contoh Silabus Tematik
Contoh RPP Tematik
Contoh Materi Tematik
Contoh LKS Tematik
Contoh Evaluasi Tematik
Taksonomi Bloom
0 komentar:
Posting Komentar